Kamis, 26 Januari 2012

Tips merawat wiper kendaraan agan

Melihat perubahan cuaca yang ekstrim belakangan ini tentunya akan berdampak pada kendaraan yang sering kita gunakan. Kali ini ane mau berbagi tips supaya karet wiper agan tetap terawat walaupun cuaca hujan dan panas yang terkadang ga bisa kita duga – duga.
Seiring datangnya musim hujan, wiper memegang peranan penting dalam berkendara di bawah guyuran hujan. Wiper membersihkan air hujan yang mengalir pada kaca depan kendaraan agar pengemudi dapat melihat jelas kedepan. Dampak dari karet wiper yang sudah tidak layak pakai bukan hanya dari sisi penglihatan pengemudi. Tapi dari kendaraan itu sendiri. Jika karet wiper sudah getas, akan membuat baret – baret pada kaca depan mobil agan. Air yang tersisa saat wiper tidak bersih menyapu kaca depan kendaraan agan akan membuat kaca menjadi kusam bahkan bisa menyebabkan jamur.

Dari pada kita mengganti kaca depan mobil karena baret atau berjamur, bukankah lebih baik mengganti wiper nya saja? Tentunya harga wiper jauh lebih murah di banding kaca depan. Berikut cara merawat karet wiper agan supaya umurnya lebih panjang :
  • Periksa karet wiper apakah masih elastis atau tidak. Karet wiper yang keras dapat membuat baret kaca depan mobil.
  • Saat agan parkir di lapangan terbuka juga jangan lupa untuk menaikkan wiper. Salah satu penyebab karet wiper menjadi cepat rusak dikarenakan seringnya kendaraan tersebut parkir di lapangan terbuka yang langsung terkena sinar matahari. Panas dari sinar matahari langsung mengenai kaca depan mobil anda, panas dari kaca langsung di teruskan ke seluruh bagian kaca tidak terkecuali terkena juga pada karet wiper. Jika bahan karet secara terus menerus mendapatkan panas yang belebih, maka lama kelamaan bahannya menjadi getas dan tidak elastis lagi. Itu akan berdampak pada sapuan wiper yang tidak bagus. 
  • Bukan hanya karet wipernya saja yang kita perhatikan. Motor wiper juga perlu diperhatikan. Jika terlihat gerakan wiper sudah lemah atau tersendat – sendat, bawalah kendaraan agan ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Jika memang terlihat wiper sudah tidak bagus, agan bisa melakukan pemeriksaan pada karet wiper dan membersihkan karet wiper menggunakan tisu atau kain lap.
 Mungkin ada kotoran atau kerikil yang menempel pada karet wiper. Tapi jika sudah di bersihkan tetap tidak ada perubahan, gantilah karet wiper nya.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Ada yang bilang kalo parkir di tempat terbuka/ panas mesti diangkat..bener gak sih dan fungsinya apa?? tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, karena kaca yang terkena panas bisa merambatkan panas ke karet wiper sehingga membuat getas. Jika sudah seperti itu, karet wiper tidak elastis lagi dan membuat penghapusan kurang bagus

      Hapus