Selasa, 17 April 2012

Menjawab Fenomena Headlamp Berembun Pada Kendaraan Agan

Pernahkah agan mengalami adanya embun pada headlamp mobil agan? Entah itu terlihat saat pagi, siang, sore bahkan malam hari. Apakah agan tau asal dari embun tersebut? Mungkin ada beberapa orang yang berpendapat Housing Headlamp nya ada yang pecah atau retak, tetapi ada penjelasan logis mengenai adanya embun tersebut



Headlamp berembun memang mengganggu apalagi saat berkendara saat malam hari karena bisa menghalangi sinar dari reflektor sehingga sinar dari lampu headlamp tidak fokus atau kabur. Hal ini bisa mengurangi jarak pandang saat berkendara di malam hari saat hujan.
Fenomena Headlamp berembun mungkin sering terjadi apabila telah masuk musim hujan. "Kenapa hanya musim hujan? Berarti saat musim panas ga donk?". Tidak menutup kemungkinan saat musim panas juga headlamp bisa berembun. Fenomena ini sama seperti saat kita menuangkan air yang dingin pada gelas bening. Temperatur pada bagian dalam gelas lebih rendah dibandingkan terperatur yang ada di luar. Sehingga mengakibatkan adanya embun pada dinding luar gelas. Hal ini berlaku sama juga dengan Headlamp tadi. Saat lampu kepala di hidupkan, otomatis suhu yang ada di dalam Headlamp akan lebih tinggi di bandingkan suhu di luar headlamp. jika berkendara saat hujan, maka  suhu di luar jauh lebih rendah di banding di dalam headlamp. Fenomena inilah yang mengakibatkan adanya embun pada headlamp.


Jika terjadi fenomena seperti ini tidak usah panik, karena rata - rata kendaraan jaman sekarang sudah di lengkapi Breather Hole (lubang pernapasan) pada Housing headlamp bagian belakang. Jika terjadi pengembunan pada malam hari, biasa saat pagi embun pada pagi sudah hilang kembali. Jika embun belum juga hilang, tinggal jemur saja kendaraan pada terik matahari. Tetapi jika saat terjadi pengembunan ada air yang menggenang pada bagian bawah mika Headlamp agan, berarti terjadi kebocoran pada headlamp nya. Saran ane segera bawa Kendaraan agan ke Dealer Toyota Langganan untuk di perbaiki atau dilakukan penggantian.

Sekian dulu Info dan Tips dari ane, semoga bisa membantu  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar