Rabu, 11 Januari 2012

Tahukah Agan Apa Itu VVT-i?

Pernahkah agan perhatikan pada bagian belakang atau samping mobil agan ada sebuah tulisan yang bertuliskan VVT-i? Ane jamin pasti semua sudah pernah melihatnya kan. Tapi pernahkah agan bertanya pada sales tempat agan beli kendaraan Toyota apa yang di maksud dengan VVT-i itu sendiri? Apakah menguntungkan untuk kita atau malah sebaliknya? Untuk menjawab itu semua, kali ini ane bahas secara singkat apa sih VVT-i itu dan bagaimana cara kerjanya.

Logo VVT-i
Kepanjangan dari VVT-i adalah Variable Valve Timing – Intelligent  merupakan serangkaian peranti/alat untuk mengontrol penggerak camshaft(nok). Maksudnya adalah menyesuaikan waktu bukaan katup dengan kondisi mesin. Sehingga bisa didapat torsi optimal di setiap tingkat kecepatan. Sekaligus menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.
Pada mesin Toyota, sistim ini diaplikasikan pada katup masuk , tetapi pada di beberapa type kendaraan seperti All New Corolla Altis dan All New Camry sudah menggunakan Dual VVT-i yang di aplikasikan pada katup masuk dan katup buang. Kembali lagi ke VVT-i, Jadi waktu bukaan camshaft bisa bervariasi pada rentang 60 derajat. Misalnya, pada saat start, kondisi mesin dingin dan mesin idle tanpa beban, timing dimundurkan 30 derajat.
Cara ini bakal menghilangkan overlap. Yaitu peristiwa membukanya katup masuk dan buang secara bersamaan di akhir langkah pembuangan karena katup masuk baru akan membuka beberapa saat setelah katup buang menutup penuh. Logikanya, pada kondisi ini mesin tak perlu bekerja ekstra.
Dengan tertutupnya katup buang, tak ada bahan bakar yang terbuang saat terisap ke ruang bakar. Konsumsi BBM jadi hemat dan mesin lebih ramah lingkungan.Sedangkan saat ada beban, timing akan maju 30 derajat . Derajat overlapping akan meningkat. Tujuannya untuk membantu mendorong gas buang plus memanaskan campuran bahan bakar dan udara yang masuk. Selain itu, waktu kompresi juga bertambah karena katup masuk juga menutup lebih cepat. Efeknya, efisiensi volumetrik jadi lebih baik.


Untuk mewujudkannya, ada VVT-i controller pada timing gear di intake camshaft. Alat ini terdiri atas housing,  kemudian di dalamnya ada ruangan oli untuk menggerakkan vane. Vane itu terhubung dengan camshaft. Di dalamnya terdapat dua jalur oli menuju masing-masing ruang oli di dalam Housing VVT-i controller. Dari jalur oli yang berbeda inilah, vane akan mengatur waktu bukaan katup.
Bagian VVT-i
Posisi advance timing maju didapat dengan mengisi oli ke ruang belakang masing-masing bilah vane. Sehingga vane akan bergerak maju dan posisi timing pun ikut maju 30 derajat. Tekanan olinya sendiri disediakan oleh camshaft timing Oli Control Valve yang diatur oleh ECU mesin. Kebalikannya, untuk kondisi retard (mundur), ruang di depan vane akan terisi dan posisi timing mundur. Sedangkan kalau dibutuhkan pada kondisi standar, ada pin yang akan mengunci posisi vane tetap ada di tengah. Sebenarnya masih ada sistem yang lebih canggih, namanya VVTL-i (Variable Valve Timing Lift-Intelligent). Selain memainkan waktu bukaan katup, tingginya pun ikut dibedakan. Di Entri selanjutnya ane bakal ngebahas VVTL-I.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar