Logo VVT-i |
Pada mesin Toyota, sistim
ini diaplikasikan pada katup masuk , tetapi pada di beberapa type kendaraan
seperti All New Corolla Altis dan All New Camry sudah menggunakan Dual VVT-i yang di aplikasikan pada katup masuk dan katup buang. Kembali lagi ke VVT-i,
Jadi waktu bukaan camshaft bisa bervariasi pada rentang 60 derajat. Misalnya,
pada saat start, kondisi mesin dingin dan mesin idle tanpa beban, timing
dimundurkan 30 derajat.
Cara ini bakal
menghilangkan overlap. Yaitu peristiwa membukanya katup masuk dan buang secara
bersamaan di akhir langkah pembuangan karena katup masuk baru akan membuka
beberapa saat setelah katup buang menutup penuh. Logikanya, pada kondisi ini
mesin tak perlu bekerja ekstra.
Dengan tertutupnya katup
buang, tak ada bahan bakar yang terbuang saat terisap ke ruang bakar. Konsumsi
BBM jadi hemat dan mesin lebih ramah lingkungan.Sedangkan saat ada beban,
timing akan maju 30 derajat . Derajat overlapping akan meningkat. Tujuannya
untuk membantu mendorong gas buang plus memanaskan campuran bahan bakar dan
udara yang masuk. Selain itu, waktu kompresi juga bertambah karena katup masuk
juga menutup lebih cepat. Efeknya, efisiensi volumetrik jadi lebih baik.
Untuk mewujudkannya, ada
VVT-i controller pada timing gear di intake camshaft. Alat ini terdiri atas
housing, kemudian di dalamnya ada
ruangan oli untuk menggerakkan vane. Vane itu terhubung dengan
camshaft. Di dalamnya terdapat dua jalur oli menuju masing-masing ruang oli di
dalam Housing VVT-i controller. Dari jalur oli yang berbeda inilah, vane akan
mengatur waktu bukaan katup.
Bagian VVT-i |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar